animasi hujan

Jumat, 19 September 2014

LAPORAN PKL


LAPORAN PELAKSANAAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
DI KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA
PROVINSI MALUKU (KPw BI)
TAHUN 2013
Description: logo_unpatti.jpg












OLEH
FRENSKY LEKATOMPESSY
NIM    : 2010 33 071



UNIVERSITAS PATIMURA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN SOSIAL
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
AMBON
2013






DAFTAR ISI



           
            COVER DEPAN
            LEMBAR PENGESAHAN ………………………………….... i
            KATA PENGANTAR         ………………………………….... ii
            DAFTAR ISI                         …………………………………… iii

A.    BAB I. PENDAHULUAN

A.    LatarBelakang

a)      DasarPelaksanaan PKL ………………… 1

b)      PemilihanTempat PKL …………………. 2-3

B.     Tujuan    …………………………………………… 4

B.     BAB II. PEMBAHASAN

A.    Tentang Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku
                                           a)      Sejarah Kantor Perwakilan Bank Indonesia …… 5-6 
 b)      LetakLembagaMitra …………………………..... 7 
 c)      VisidanMisiLembagaMitra …………………....... 8 
 d)     SasaranStrategisKPw BI …………………….. 8-9

 e)      TugasPokokKPw BI …………………………. 9
 f)       StrukturOrganisasiKPw BI ………………….. 10-12
 g)      TugasdankeadaanPersonaliaLembaga ……… 12-17
a.TugasPokokPersonaliaKPw BI
                                                                                                                I.            KelompokKajianStatistikdanSurvei
                                                                                                             II.            KelompokPemberdayaanSektorRiildan UMKM
                                                                                                          III.            SeksiOperasionalKas
                                                                                                          IV.            KelompokSumberdaya
                                                                                                             V.            SeksiLayananNasabahdanPenyelenggaraanKliring
                                                                                                          VI.            KelompokPengawasan Bank
h). KeadaanPersonaliaKPw BI ……………………17-19
B.     PelaksanaanKegiatan
1)      Bidangkegiatan……………………………….. 19-20
2)      JenisKegiatan…………………………………. 20-24
a)      KelompokPemberdayaanSektorRiildan UMKM
b)      KelompokKajianStatistikdanSurvei (KSS)
c)      AsesmenEkonomidanKeuangan
d)     SeksiPelayananNasabahdanPenyeleggaraanKliring
                                          3). KegiatanLain..................................................... 24
a)      DoaPagi
b)      Kegiatan Knowledge Sharing
                                          4). TujuandanSasaranKegiatan ………………… 25-26
a)      Tujuan
                                                                                                                               I.            Bagiinstitusi/ LembagaPendidikan
                                                                                                                            II.            BagiMahasiswa
                                                                                                                         III.            BagiLembagaMitra
b)     Sasarankegiatan
                                          5). WaktuPelaksanaan ……………………………… 26-27
                                          6). HasilKegiatan……………………………………. 27-30
                                                                                                       I.            BagiLembagaMitra
                                                                                                    II.            BagiMahasiswa

C.    BAB III. PENUTUP


a.      Kesimpulan…………………………………………….... 31

b.      Saran …………………………………………………….. 32

                                                                            I.         Program StudiPendidikanEkonomi
                                                                         II.         LembagaMitra
            LAMPIRAN
a.       Catatanharian
b.      Daftarhadir
c.       Lembaran Monitoring ( Minggu I dan II )
d.      Dokumentasi
                                                                                        







KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis penjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas bimbingan dan penyertaanya sehinggah penulis dapat menyelesaikan praktek kerja lapangan ( PKL ) dan menyusun laporan praktek kerja lapangan ( PKL ) ini adalah hasil praktek kerja lapangan (PKL) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi. Maluku yang dimulai dari tanggal 2 september 2013 s/d 31 oktober 2013.
            Pada dasarnya, tujuan dibuatnya laporan kerja lapangan ( PKL ) ini adalah sebagai salah satu syarat kelulusan yang harus di penuhi penulis serta sebagai pertanggung jawaban kegiatan PKL yang penulis jalani selama 2 bulan blakangan ini.
            Laporan PKL ini berguna bagi penulis dan mendeskripsikan proses kerja selama melaksanakan PKL dan untuk menerapakan ilmu pengatahuan yang didapat penulis selama perkuliahan. Laporan PKL ini juga berguna bagi dosen pembimbing pelaksanaan PKL, serta sebagai salah satu pertimbangan pembimbing dalam memberikan nilai.
Dalam pelaksanan praktek kerja lapangan penulis banyak mendapat Pelajaran,pengalaman,bimbingan dan pengarahan dari semua pihak yang membantu dalam setiap kesulitan yang penulis hadapi ketika melakukan tugas PKL, sehinggah penulis memiliki kesiapan dalam memasuki dunia kerja yang sebenarnya.
            Dalam penyusunan laporan PKL ini, penulis menyadari masih banyak kesulitan dan hambatan yang penulis temui, namun dengan usaha yang optimal serta dorongan dan bantuan dari berbagai pihak maka laporan PKL ini dapat terselesaikan. Oleh karena itu. Ucapan terima kasih tak lupa penulis ucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis sebelum, pada saat, dan sesudah kegiatan PKL ini antara lain :
1.      Terima kasih kepada, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemampuan serta kekuatan kepada penulis sehinggah pembuatan laporan PKL ini dapat diselesaikan.
2.      Terima kasih kepada, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendikan
3.      Terima kasih kepada, P. L. Wiarisal, S.Pd., M.M selaku ketua program studi dan seluruh staf dosen program studi pendidikan ekonomi
4.      Terima kasih kepada, Th. F. Tomasoa. S.Pd., M.Si. selaku dosen pembimbing PKL
5.      Terima kasih kepada, Bapak. Wuryanto selaku  Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi. Maluku beserta seluruh staf dan pegawai (KPw BI Prov. Maluku )
6.      Teman sesama Mahasiswa PKL Sdri. Junete. Labetubun yang juga membantu penulis selama berpraktek, serta
7.      Terima kasih kepada, kedua orang tua dan kedua adik perempuan yang selalu memberi dukungan, semangat dan doa
Kekurangan masih jauh dari kesempurnaan, maka dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari semua pihak demi perbaikan dan penyempurnaan laporan ini, serta pembuatan laporan-laporan lain selanjutnya.
Akhir kata, semoga laporan PKL ini bermanfaat, bagi penulis, pihak lain yang membacanya, dan bagi kalangan akademis sebagai bahan refrensi.
AMIN…

                                                                  FRENSKY LEKATOMPESSY











BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
1.      Dasar Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( PKL )
Dalam memasuki dunia kerja, mahasiswa tidak hanya dituntut lulus berbekal kecerdasan intelektual namun harus harus memiliki kemampuan dasar. Kemampuan dasar yang dimaksud antara lain pengatahuan ( know Ledge ), ketrampilan ( skill  ) dan sikap ( attitude ). Untuk mendapatkan ketiga hal tersebut tidak semua dapat di berikan melalui perkuliahan formal. Oleh karena itu mahasiswa perlu melakukan praktek kerja lapangan ( PKL ).
Praktek kerja lapangan adalah suatu proses belajar mengajar pada unit kerja nyata, sehinggah mahasiswa mendapat gambaran dan pengalaman kerja secra langsung dan menyeluruh sekaligus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah mereka dapatkan selama kegiatan perkuliahan. PKL wajib di lakukan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi sebelum penulisan tugas akhir ( Skripsi )


Dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan, pembimbing wajib membimbing dan membantu aktivitas praktek kerja lapangan mahasiswa seprti melakukan kunjungan ketempat PKL mahasiswa bimbingannya, dan memberi saran atau masukan jika mahasiswa berhadapan dengan masalah di tempat PKL.
Mahasiswa wajib memenuhi segala ketentuan yang diberlakukan oleh program studi pendidikan ekonomi dan tempat praktek yang digunakan sebagai praktek kerja lapangan. Diantaranya adalah, mahasiswa diharuskan mengisi lembaran monitoring dan daftar hadir selama pelaksanaan PKL selain itu, mahasiswa juga diwajibkan menyusun laporan praktek kerja lapangan sebagai dasar penilain bagi pembimbing PKL.
Dengan mengikuti program PKL. Mahasiswa diharapkan dapat lebih mengenal, mengatahui, dan berlatih menganalisis kondisi lingkungan dunia kerja tersebut, mahasiswa juga dapat mengatahui apa yang sebenarnya di butuhkan oleh instansi di bidang yang mahasiswa di tempatkan.
2.      Pemilihan Tempat PKL
Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Pattimura Ambon khususnya program studi pendidikan ekonomi mewajibkan kepada seluruh mahasiswanya untuk melaksanakan PKL di semester VII. Pelaksanaan PKL tersebut salah syarat untuk dapat menyelesaikan pendidikan S1 jurusan ekonomi dan akutansi , Program studi pendidikan ekonomi , fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Pattimura ambon.
Kegiatan PKL ini juga bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri agar dapat mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dan menjadi tenaga kerja yang professional dalam melaksanakan pekerjaannya, serta mahasiswa juga dapat menjadikan kegiatan PKL ini sebagai tolak ukur untuk menilai seberapa banyak pengatahuan yang dimiliki selama masa perkuliahan dan untuk kemudian menerapkan dalam aktifitas PKL.
Penulis di berikan kepercayaan oleh program studi pendidikan ekonomi untuk melakukan praktek kerja lapangan ( PKL ) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi. Maluku ( KPw BI prov. maluku ). Karena penulis ingin mengetahui apa tugas pokok, cara kerja dan fungsi pelayanan, serta kegiatan-kegiatan yang di lakukan pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi. Maluku, yang mana informasi-informasi yang diketahui penulis dapat menjadi pelajaran yang berharga dan dapat menambah pengalaman penulis.




B.     TUJUAN PKL

1.      Adapun Tujuan Dari Praktek Kerja Lapangan ( PKL )
2.      Memberikan masukan maupun umpan balik guna perbaikan dan pengembangan pendidikan
3.      Untuk membandingakan antara teori yang dikerjakan  di kampus dengan praktek kerja lapangan ( PKL )
4.      Untuk menerapakan ilmu ekonomi yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan
5.      Mengembangkan sikap professional yang di perlukan untuk memasuki dunia kerja dengan bidang masing-masing
6.      Mengenal dan mengatahui secara langsung tentang instansi sebagai salah satu penerapan disiplin
7.      Untuk menambah pengatahuan, ketrampilan, dan pemahaman yang tidak didapat secara langsung dalam perkuliahan
8.      Untuk mengatahui sistem kerja yang ada di dalam instansi pemerintah.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Tentang Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku

1.      Sejarah Kantor Perwakilan Bank Indonesia
Sampai dengan tahun 1954 hanya ada satu bank yang beroperasi di Ambon yaitu Bank Rakyat Indonesia. Mencermati perkembangan ekonomi yang cukup pesat di kota Ambon Manise ini, maka Kantor Pusat Bank Indonesia di Jakarta berencana untuk membuka kantor cabang di Ambon, yang akan berfungsi sebagai bank sentral sekaligus sebagai bank komersial. Rencana itu diwujudkan pada tahun yang sama ditandai dengan dimulainya pembangunan gedung kantor memakan waktu selama dua tahun dengan desain klasik yang menawan. Pada tanggal 17 Maret 1956 Kantor Bank Indonesia Ambon resmi berdiri dengan pemimpin cabang yang pertama yaitu R.W.L Echter.
Setelah 21 tahun digunakan, gedung yang ada tidak mampu lagi menampung dinamika kegiatan operasional. Untuk itu pada tahun 1977 dilakukan renovasi gedung kantor. Gedung baru hasil renovasi ini akhirnya selesai satu tahun kemudian dan diresmikan oleh presiden RI, Soeharto. Menurut informasi bahwa satu-satunya kantor BI yang diresmikan oleh presiden RI pada saat itu hanyalah KBI Ambon.
Seiring dengan bertambahnya tugas dan jumlah pegawai BI Ambon maka dilakukan penambahan ruangan kantor melalui akuisisi gedung / tanah ex Bapindo yang terletak persis bersebelahan dengan KBI Ambon pada tahun 1980.
Sampai tahun 2010, belum ada perubahan fisik bangunan kantor secara signifikan, hanya terdapat beberapa renovasi untuk memperbaiki gedung yang menyimpan banyak sejarah itu. Berikut ini terdapat nama-nama Pemimpin Bank Indonesia (PBI) Ambon dari masa ke masa:
1.      1956-1957       :           R. W. L Echter
2.      1957-1958       :           Ong Siang Tjong
3.      1958-1959       :           R.D. Singowigoeno
4.      1959-1960       :           Hamdani
5.      1960-1961       :           Joko Sutargo
6.      1961-1963       :           Soewarno Poespowijoyo
7.      1963-1965       :           Ahmad Sirod
8.      1965-1967       :           H. K. Intama
9.      1967-1971       :           Suparto Wignyasubrata
10.  1971-1976       :           Husnie Azhurie
11.  1976-1981       :           Azwahin
12.  1981-1982       :           Purtomo
13.  1982-1986       :           Soekisman
14.  1986-1989       :           Bahrulkifli
15.  1989-1993       :           Ahmad Fuad
16.  1993-1996       :           I Gusti Made Darmawan
17.  1996-1999       :           Sumadi
18.  1999-2000       :           Gardjito Heru
19.  2000-2003       :           M. Yusuf Oesep. W
20.  2003-2005       :           Rachman Abdulkadir
21.  2005-2007       :           Rizal Husein
22.  2007-2010       :           Totok Herminyanto
23.  2010-2013       :           Achmad Buyamin
24.  2013-               :           Wuryanto
2.      Letak Lembaga Mitra
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Ambon terletak di Jln. Raya Pattimura No. 7, Kelurahan Hunipopu, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Provinsi Maluku. Secara geografis letak kantor Bank Indonesia Ambon berbatasan dengan Bank Mandiri Cab. Pattimura (sisi depan ), PT. Bank Maluku (Samping kiri), dan Gedung Gereja Maranatha (samping kanan). Dengan kata lain KBI Ambon terletak di sebelah timur laut Jln. Raya Pattimura atau tepi sebelah barat laut Jln. Benteng Kapaha, Kurang lebih 200 meter di sebelah tenggara Jln. D.I.Panjaitan yang merupakan jantung (pusat) kota Ambon.
Kantor Bank Indonesia Ambon memiliki 2 (dua) buah gedung, yang terdiri dari bangunan utama gedung kantor dan bangunan eks Bapindo yang telah dimiliki oleh Bank Indonesia (BI).
3.      Visi dan Misi Lembaga mitra
a)      Visi BI Ambon
Mewujudkan Kantor Bank Indonesia yang dapat dipercaya melalui peningkatan perannya sebagai economic intelligence dan unit penelitian.
b)      Misi BI Ambon
 Berperan aktif dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah melalui peningkatan pelaksanaan tugas bidang ekonomi moneter, system pembayaran, dan pengawasan bank serta memberikan saran kepada permintah daerah dan lembaga terkait lainnya.
4.      Sasaran Strategis Knator Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku
Yang menjadi sasaran strategis KPWBI Ambon adalah sebagai berikut :
1)      Informasi yang berkualitas dalam rangka mendukung kebijakan Kantor pusar dan pengembangan ekonomi di wilayah kerja.
2)      Peningkatan system perbankan yang sehat dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi daerah.
3)      Kelancaran dan keamanan system pembayaran di wilayah kerja
4)      Pengelolaan keuangan satker secara efektif dan efisien.
5)      Mengoptimalkan kajian dan penyediaan informasi ekonomi di wilayah kerja.
6)      Meningkatkan pengawasan bank yang efektif yang mendukung pengembangan ekonomi di wilayah kerja.
7)      Meningkatkan pelayanan dan prasarana system pembayaran
8)      Meningkatkan komunikasi dan kerjasama yang efektif kepada stakeholders.
9)      Mendukung penerapan prinsip-prinsip Good Governance.
10)  Memperkuat organisasi dan mengembangkan SDM yang berkompetensi tinggi dengan dukungan Budaya Kerja yang berbasis pengetahuan.
5.      Tugas Pokok Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku
Kantor Bank Indonesia Ambon merupakan representative dari Bank Sentral Indonesia dalam hal ini BI pusat, yang bebas (independen) dari campur tangan pemerintah, yang memiliki wilayah kerja di daerah Provinsi Maluku. Sebagai lembaga yang menjalankan kebijakan moneter di daerah, Kantor Bank Indonesia Ambon mengemban 3 (tiga) tugas pokok sebagai representative dari BI Pusat, yaitu:
1)      Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
2)      Mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran
3)      Mengatur dan mengawasi bank

6.      Struktur Organisasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku - Ambon dipimpin oleh seorang Kepala Perwakilan, dan 2 (dua ) Deputi yaitu Deputi Kepala Perwakilan Bidang Ekonomi Moneter dan Deputi Kepala Perwakilan Bidang sistem pembayaran, manajemen intern dan pengawasan bank.
Secara garis besar tugas Kepala Perwakilan dilaksanakan melalui 2 sektor utama di atas, namun dapat diturunkan dalam penjabaran tugas ke dalam seksi-seksi yaitu sebagai berikut:
1.      Bidang Ekonomi Moneter (EMP), terdiri atas :
a.       Kelompok Pemberdayaan Sektor Riil dan UMKN (KPSRU)
b.      Kelompok Kajian Statistik dan Survei (KKSS)
2.      Bidang sistem pembayaran, manajemen intern, dan pengawasan bank (SPMI), terdiri atas:
a.       Seksi Operasional Kas
b.      Seksi layanan Nasabah dan Penyelenggaraan Kliring
c.       Seksi Sumber Daya
d.      Kelompok Pengawasan Bank
Seksi-seksi tersebut melakukan tugas dan fungsinya masing-masing sesuai ranah dan bertanggung jawab terhadap deputinya masing-masing pula. Untuk lebih memperjelas pemahaman mengenai struktur organisasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku – Ambon, berikut ini merupakan bagan struktur organisasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku 

7.      Tugas dan Keadaan  Personalia Lembaga
A.    Tugas Pokok Personalia Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku
Berdasarkan tugas pokok Bank Indonesia yang dijabarkan dalam tiga pilar, yakni menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, juga mengatur dan mengawasi bank maka uraian tugas dan fungsi serta peran dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku-Ambon termuat dalam tabel dibawah ini:
a)      Kelompok Kajian Statistik dan Survey
No.
Bidang Tugas
Tugas Pokok
Produk Pokok
1
EMP
Mengolah data ekonomi, keuangan perbankan dan sistem pembayaran
Statistik Ekonomi Keuangan Daerah (SEKDA)
2
EMP
Melaksanakan Survei
SK, SKDU, PDRB
3
EMP
Melaksanakan penelitian/kajian di bidang ekonomi,keuangan,perbankan dan sistem pembayaran
-          Perkembangan
-          Ekonomi Keuangan Daerah (PEKDA)
-          Penelitian/kajian lain
-          informasi/publikasi lain
4
EMP
Menyusun dan melaksanakan program kehumasan di wilayah kerja
-          Press
-          Release/Conference Media Relation
-          Kegiatan Community Dev.
-          Kegiatan Parlement Relation
5
EMP
Melaksanakan koordinasi dan jejaring dengan instansi/lembaga terkait wilayah kerja
-      Tanggapan
-      Pertemuan dan
-      Jejaring seminar dan kuliah umum

b)     Kelompok Pemberdayaan Sektor Riil dan UMKM
No.
Tugas Pokok
Produk Pokok
1
Menatausahakan dan melakukan perhitungan bunga KLBI
Warkat pembebanan/pemindahbukuan
2
Melaksanakan lokakarya,pembinaan dan konsultasi evaluasi, bantuan teknis, publikasi dan promosi d/r pengembangan usaha kecil dan menengah
TOP dan TOP, Penelitian/survey,Bazaar Intermediasi,Risalah
3
Memperhitungkan/mengelola dana bantuan luar negeri
Warkat Pemindahbukuan
4
Menatausahakan simpanan sekuritas,surat berharga dan barang berharga
Laporan Bulanan
5
Melaksanakan pemantauan dan pembinaan terhadap valuta asing
LHP,Laporan Kegiatan usaha (Triwulan), laporan keuangan (tahunan)
6
Menatausahakan dan menyampaikan laporan konsultan PUKM ke Biro Kredit
Laporan triwulan

c)      Seksi Operasional Kas
No
Tugas Pokok
Produk Pokok
1
Setoran Bank/non bank
Menerima setoran bank-bank, menyerahkan surat setoran kepada penyetor, menandatangani warkat setoran, menyerahkan bukti setoran dan mengontrol fisik uang yang diterima untuk diserahkan kepada kelompok hitung ulang.
1.    BI 405 (OAP) - Surat Setoran Tunai/Kliring/Pemindahbukuan.
2.    BI  409 (OAP) – Rincian penyetoran/pembayaran
3.    BI.101 (BI-RTGS) - Setoran tunai
4.    BI 1416 (OAP) - Bukti penyerahan uang antar kasir.
2
Hitung Ulang Manual
Melakukan sortasi, hitung ulang uang eks peredaran secara manual
BI 1416 (OAP)-Bukti penyerahan uang antar kasir.
3
Bayaran Bank/Non Bank
ü  Mengkompilasi data bayaran bank yang diperoleh melalui faksimaili berdasarkan warkat bayaran yang telah disesuaikan dengan pedoman BI-RTGS dan OAP.
ü  Mengontroli fisik uang yang diterima dari khazanah sebagai modal kerja bayaran kepada bank,non bank dan intern.
ü  Memasukan data dan menyediakan uang serta menguji data dan membayarkan uang.
1.    BI 409 (OAP)- Rincian Penyetoran/pembayaran
2.    BI 1416 (OAP)-Bukti Penyerahan uang antar kasir
4
Penukaran DI Loket
Menerima, memeriksa dan menghitung uang yang ditukarkan serta menyerahkan uang hasil penukaran
1.    BI 409 (OAP)-Rincian penyetoran/pembayaran
2.    BI 1416 (OAP) – bukti penyerahan uang antar kasir
5
Pemberian Tanda Tidak Berharga pada Uang Kertas Dengan Mesin Racik Uang Kertas
Mempersiapkan SP PTTB dan warkat, melakukan hitung ulang pada uang yang akan diracik sesuai ketentuan dan melakukan peracikan uang.
1.    BI 1404 (OAP)-bukti transaksi kas intern
2.    Surat penetapan PTTB
3.    BI 1416 (OAP)-bukti penyerahan uang antar kasir
4.    BA PTTB UK dengan MRUK dan BA pemeriksaan hasil racikan
6
Kas Keliling
Menerima modal kerja kas keliling, menerima uang yang ditukarkan dan menyerahkan uang kepada nasabah.
1.    BI 1404 (OAP)-bukti transaksi kas intern.
2.    BI 1416 (OAP)-bukti penyerahan uang antar kasir
7
Remise Masuk UK/UL Rupiah
ü  Menerima fisik uang (peti),menghitung dan menyimpannya ke dalam khazanah.
ü  Menjemput fisik uang (peti) ke Depot Kas
1.    BI 1406 (OAP)-Surat pengantar barang-banrang/nilai-nilai berharga
2.    BI 1404 (OAP)-bukti transaksi kas intern
8
Penjualan Uang Khusus
Menerima uang rupiah pembelian dan menyerahkan dan menyelesaikan penjualan uang khusus
1.    BI 405 (BIASA)-surat setoran tunai/kliring pemindahbukuan
2.    BI 409(OAP)-rincian penyetoran pembayaran
3.    BI 414 (BIASA)-nota debet kredit

d)     Kelompok Sumber Daya
No
Tugas Pokok
Produk Pokok

PERSONALIA

1
Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan penerimaan,pengembangan,pembinaan dan PHK pegawai
Dokumen pengumuman, pemanggilan danpenyelenggaraan
2
Menatausahakan data kepegawaian (organic, non organik)
Kardeg (data dan arsip pegawai)
3
Menyelenggarakan dan memfasilitasi pelatihan dan pendidikan untuk pegawai dan pensiunan
Laporan hasil PMK dan pelatihan
4
Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pembayaran gaji, upah dan emolument, deklarasi biaya sakit,kerja lembur,pinjaman pegawai dan pensiunan, cuti absensi,reinbursmen dll
Print out SISDAM,hasl gaji,upah,emolument, lap. Lembur, lap. Absensi,pinjaman dll.
5
Membuat laporan berkala yang berkaitan dengan kepegawaian
Data struktur organisasi, mutasi dan promosi peg.
6
Mengkoordinasi penyusunan RKAT dan mengevaluasi realisasi PKAT Satker
RKAT, Budget review (bulanan, triwulan,semesteran dan tahunan)
7
Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan aspek hokum terhadap pegawai (organic dan non organic )
Laporan hasil penyelesaian
8
Membuat pengikatan/perjanjian dengan pihak ketiga (DR,RS,Lab,Universitas dll)
Surat perjanjian dan SPK

LOGISTIK

1
Menatausahakan dan melaksanakan pegadaan barang dan jasa
Pedoman kerja anggaran dan rencana investasi logistic,perjanjian kerjasama atau SPK pengadaan barang dan jasa
2
Pemeliharaan gedung,inventaris kantor,RD,rumah istirahat,perabotan dan lainnya

3
Menyelesaikan tagihan listrik, air,telp dan gas serta jasa pihak ketiga lainnya

4
Membuat laporan berkala yang berkaitan dengan logistic
laporan bulanan rekapitulasi penyusutan aktiva dan inventaris

S K P

1
Menatausahakan surat, warkat masuk-keluar serta arsip sentral

2
Melaksanakan kegiatan protokoler

3
Operas. Alat komunikasi in-out (telp,fax,telex), pemberian dan pencocokan kode rhs telex

4
Menatausahakan dan melaksanakan pengamanan gedung kantor, tata tertib kantor, remise, kas mobil ,rumah dinas dan rumah peristirahatan serta sarana lainnya.

5
Merencanakan dan melaksanakan pelatihan yang berkaitan dengan tugas pengamanan

6
Membuat laporan berkala mengenai kesekretariatan, komunikasi dan pengamanan


e)      Seksi Layanan Nasabah dan Penyelenggaraan Kliring
No
TUGAS POKOK
PRODUK POKOK

ACCOUNTING

1
Mengelola rekening nasabah,pemerintah dan pegawai
Print out laporan akunting: akhir hari
2
Menatausahakan kartu contoh tanda tangan
Mingguan, bulanan dan akhir tahun
3
Menatausahakan warkat pembukuan yang akan diperhitungkan melalui kliring

4
Menatausahakan warkat pembukuan hasil kliring, pemindahbukuan dan antar kantor

5
Membuat laporan keuangan secara berkala


KLIRING

1
Menyelenggarakan pertemuan kliring bank
Print out laporan kliring: harian,mingguan, bulanan
2
Penatausahaan peserta kliring
Daftar hitam perbankan
3
Menatausahakan dan menyusun hasil kegiatan kliring

4
Menatausahakan cek/BG kosong dan daftar hitam

5
Membuat laporan perputaran kliring dan cek/BG kosong








f)       Kelompok Pengawasan Bank
Tugas Pokok
Produk Pokok
1.        Membantu pelaksanaan tugas di bidang pengawasan bank yang menjadi objek pengawasan, meliputi:
a)        Melakukan pembinaan
b)       Melakukan pengawasan langsung dan tidak langsung
c)        Menyelesaikan permohonan izin yang berkaitan dengan kelembagaan dan kegiatan operasional
d)       Menyelesaikan informasi tentang kondisi dan permasalahan berikut penyelesaiannya
e)        Menyelesaikan proses pencabutan izin usaha dan tindak lanjutnya
2.        Memberikan bantuan atas pembinaan dan pengawasan kantor-kantor bank yang mempunyai KP di luar wilayah kerja
3.        Mendukung kelancaran kegiatan dalam menciptakan perkembangan perbankan yang sehat
4.        Mendukung kelancaran pelaksanaan evaluasi beban tugas kelompok
5.        Mendukung kelancaran pelaksanaan fungsi mediasi perbankan
6.        mendukung kelancaran kegiatan investigasi terhadap dugaan tindak pidana bidang perbankan termasuk sebagai saksi ahli
1.        Rencana kerja dan strategi seluruh pelaksanaan tugas di TIM Pengawasan Bank dibawah koordinasinya
2.        Pengembangan dan pembinaan pegawai Tim Pengawasan Bank dibawah koordinasinya
3.        Laporan terkait dengan pelaksanaan tugas pemeriksaan dan pengawasan bank
4.        Rekomendasi atas rencana bisnis dan action plan
5.        Persetujuan atau rekomendasi terkait dengan masalah perizinan
6.        Usulan materi rekomendasi mengenai keputusan akhir fit dan proper dan rehabilitasi DTL
7.        Usulan materi rekomendasi mengenai hal-hal atas dasar permintaan pihak ketiga dan atau satker terkait

8.      Keadaan Personalian Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku.
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku-Ambon dalam menjalankan fungsi dan perannya memiliki mitra kerja yaitu PT. Bina Karsa Swadaya, PT. Provis Garuda Service, dan PT. Utratama Bhakti Satria yang selalu bergandengan tangan dalam hal membantu administrasi dan operasional. Secara garis besar kepegawaian Kantor Bank Indonesia Ambon diklasifikasikan atas 2 kategori yaitu pegawai organic dan pegawai non organic, dimana pegawai
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku-Ambon tergolong sebagai pegawai Organik sedangkan Pegawai PT. Bina Karsa Swadaya, PT. Provis Garuda Service, dan PT. Utratama Bhakti Satria merupakan pegawai non organic.
      Komposisi personalia/kepegawaian Kantor Bank Indonesia Ambon dapat dijabarkan dalam tabel berikut ini:
Keadaan Personalia / Kepegawaian KPwBI Provinsi Maluku-Ambon

No
GOLONGAN /JABATAN
JUMLAH
1
G.VI
1
2
G.V
2
3
G.IV
6
4
G.III
14
5
G.II
15
6
G.I
7
7
OJT Asisten Kasir
2
TOTAL
47

Keterangan          :
a.       G             :   Golongan
b.      G.VI    :    Kepala Perwakilan
c.       G.V     :    Deputi Kepala Perwakilan
d.      G.IV    :   Kepala Seksi
e.       G.III    :    Staf
f.       G.II     :    Pegawai Tata Usaha
g.      G.I       :    PTU Tingkat dasar
Selanjutnya pegawai non organic yang selama ini bekerja sama dengan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku-Ambon, dalam hal ini pegawai PT. Bina Karsa Swadaya 1 orang, PT. Provis Garuda Service 11 orang, dan PT. Utratama Bhakti Satria 7 orang Dengan demikian jumlah pegawai Kantor Bank Indonesia Ambon yaitu 66 orang, dimana 47 orang merupakan pegawai organic dan 19 orang merupakan pegawai non organic.
B.     Pelaksanaan Kegiatan
1)      Bidang kegiatan
Selama penulis melakukan praktek pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku. Penulis tidak hanya di berikan tanggu jawab pada satu unit kerja saja tetapi penulis di berikan kesempatan untuk menambah pengalaman pada unit-unit kerja lainnya seperti :
1.      Unit pelayanan nasabah,kliring,Perizinan & pengawasan SP. Tetapi Lebih khususnya penulis lebih di percyakan pada bidang ACCOUNTING selama 19 hari dari tanggal 2-20 september 2013
2.      Unit statistik, survey dan Liaison selama 10 hari dari tanggal 21-30 september 2013, dan pada tanggal 1-10 oktober 2013 sealam 9 ahri penulis berada pada unit asesmen ekonomi dan keuangan. Unit asesmen ekonomi dan keuangan adalah unit terbaru pada unit KSS
3.      Unit akses keuangan dan UMKM selama 1 hari pada tanggal 11 oktober 2013.
Saat berpraktek pada masing-masing unit kerja tersebut pun tidak hanya satu bidang kegiatan yang menjadi tanggungjawab penulis, namun berbagai kegiatan yang menjadi tanggungjawab penulis pada cemua unit yang ada pada Bank Indonesia selain unit operasional kas.
2)      Jenis Kegiatan
Berdasarkan uraian bidang diatas maka dapat dijabarkan jenis kegiatan yang dilakukan oleh penulis selama kegiatan PKL, yaitu sebagai berikut:
A.    Kelompok Pemberdayaan Sektor Riil dan UMKM (KPSRU)
a.       Membuat tanda terima pengeriman surat
b.      Membahwa surat untuk di kirim
c.       Menempel warkat pada bindel temple
d.      Membantu membahwa dokumen kepada wakil pimpinan
e.       Membahwa materi ke tempat foto kopi aman jaya untuk di kopi
f.       Mengganti warna materi pada power point
g.      Print disposisi dan surat
h.      Mengisi materi kedalam tas
i.        Mengisi map kedalam kardus
j.        Foto copi jadwal
k.      Menginput data kur bulan September 2013
l.        Koreksi data kur bulan agustus dan juni 2013



B.     Kelompok Kajian Statistik dan Survei (KKSS)
a.       Membaca undang-undang republic Indonesia tentang perbankan
b.      Mengetik nominal dan jumlah pajak pada mesin ketik
c.       Menginput data survei pada computer
d.      Mengetik alamat surat pada format amplop yang tersedia di computer
e.       Lipat surat beserta lempira surat ( renking bank ) dan masukan kedalam amplop
f.       Lem amplop yang berisi surat
g.      Cap amplop surat
h.      Lem warkat pada bindel temple
i.        Menatausahakan ketertiban memorandum, surat masuk dan surat keluar,publikasi,bantuan dana,proposal tolak kedalam Daftar Isi Folder (DIF)
j.        Scen surat

C.    Asesmen ekonomi dan keuangan
a.       Input anggaran unit kss pada computer
b.      Mengkopi paste data inflasi dari tahun 2003-2013
c.       Menginput tabunganku milik bank Maluku
d.      Membuat warkat realisasi anggaran ( WRA )
e.       Membawah buku-buku dari unit kss keperpustkaan
f.       Membantu mempromosi buku-buku baru dari perpustakaan kepada semua pegawai
g.      Mengisi undangan pada amplop
h.      Membuat amplop undangan temu responden
i.        Gunting kop surat
j.        Lem kop surat pada amplop coklat
k.      Mengisi buku sekda, surat,memorandum kedalam amplop coklat
l.        Lem amplop
m.    Membantu membuat kesimpulan atau inti dari hasil rapat FPED
n.      Print amplop surat
o.      Mengikuti rapat KKMB bersama wakil pimpinan
p.      Mengantar map yang berisi pemberitahuan kepada sekretaris
q.      Mengantar map yang berisi WRA kepada wakil pimpinan
r.        Print jadwal pelatihan KKMB
s.       Mengetik nominal surat setoran pada mesin ketik
t.        Mengimput data tabunganku bank Maluku cabang sapruah,batu merah, pembantu hitu, masohi, tual
u.      Mengikuti kegiatan jageragi/penyampain materi tentang operasi moneter
v.      Scen kliping siwalima dan suara Maluku


D.    Seksi pelayanan nasabah dan penyelenggaraan kliring
a.       Membaca alur kerja kegiatan BI – RTGS ambon
b.      Mengaktifkan semua perangkat computer yang pada unit akunting
c.       Sobek rekening advis debet, kredit pada mesin cetak
d.      Membahwa jurnal-jurnal transaksi yang sudah di cetak untuk di isi kedalam map
e.       Membuat warkat realisasi anggara ( WRA )
f.       Mengikuti jageragi atau penyampaian materi tentang peran dan fungsi pasar modal
g.      Cap tanggal pada warkat realisasi anggaran ( WRA )
h.      Mencetak mutasi transaksi ( MTR )
i.        Mengentri warkat realisasi anggaran tunai dan kliring
j.        Sobek transaksi RTGS terminal antar bank dan menyusun berdasarkan nama-nama bank
k.      Pengenalan Sistem Kliring pada ruangan Kliring oleh salah satu pegawai BI (Seksi Layanan Nasabah dan Penyelenggaraan Kliring)
l.        Membawah transaksi RTGS terminal antar bank keruang kliring dan membaginya pada meja-meja yang telah tertera nama-nama banknya.
m.    Menginput warkat raelisasi anggaran  pada system dngan memasukan no NUWP
n.      Mencetak warkat realisasi anggaran tunai,kliring dan pindah buku
o.      Menginput surat perintah pembayaran, surat setoran,slip jurnal
p.      Pemeriksaan bukti transaksi kas interen atau pemukuan rekening dengan mencocokkan no warkat, no reff, rekening debet dan kredit, nominal dan menulis no nuwp
q.      Mencocokan nominal yang ada pada jurnal transaksi transaksi harian dengan nominal yang ada pada, rekening bukti taransaksi kas intern, surat perintah pembayaran, surat setoran, slip jurnal, warkat realisasi anggaran, laporan penarikan dan setoran tunai via RTGS, transaksi RTGS terminal.
3)      Kegiatan Lain
Adapun Kegiatan lain-lain yang mengikut sertakan penulis untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan yaitu :
1)      DOA PAGI
Kegiatan ini dilakukan setiap hari Senin sebelum mengawali semua kegiatan yang ada pada Bank Indonesia. kegiatan ini merupakan kesempatan bagi  semua pegawai Bank Indonesia untuk sharing pengalaman selama melakukan perjalanan dinas di luar kota ambon
2)      KEGIATAN KNOWLEDGE SHARING
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dua minggu sekali yaitu setiap hari Rabu pada pukul 07.15-08.15 WIT dan diikuti oleh seluruh pegawai Organik maupun pegawai non Organik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi (share) mengenai pengetahuan-pengetahuan Sistem-sistem/inovasi-inovasi di Bank Indonesia, Perekonomian, dan Akuntansi. Penulis telah mengikuti 4 kali kegiatan Knowledge Sharing dengan materi Pasar Modal, BLINK, KUPU, dan Negosiasi B
4.      Tujuan dan Sasaran kegiatan
Pelaksanaan kegiatan PKL ini memiliki tujuan dan sasaran kegiatan, yaitu :
a)      Tujuan
1)      Bagi Institusi/lembaga Pendidikan :
I.       Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai dunia kerja
II.    Dapat memperoleh informasi tentang situasi/kondisi dan permasalahan yang ada pada dunia kerja
III. Sebagai acuan/patokan dalam melakukan berbagai kegiatan dan kebijakan di masa yang akan datang.
2)      Bagi Mahasiswa
I.       Agar dapat mengaplikasikan ilmu/teori yang diperoleh pada institusi/lembaga pendidikan
II.    Dapat memperoleh sejumlah pengalaman dan keterampilan baru pada dunia kerja.
3)      Bagi lembaga Mitra
                                                       I.            Sebagai sumber informasi, monitoring dan evaluasi
                                                    II.            Menajalin kerja sama atau kemitraan dengan institusi/lembaga pendidikan.
b)     Sasaran Kegiatan

Sasaran kegiatan PKL bagi kami selaku Mahasiswa adalah untuk mengetahui dan menguasai kondisi dan situasi yang terdapat dalam dunia kerja terkhususnya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku-Ambon serta fungsi-fungsi/pelaksana tugas pokok yang mencakup 5 unit kerja.
 Mengingat bahwa latar belakang pendidikan yang sedang dijalani dan dimiliki adalah pendidikan Ekonomi/Akuntansi, maka target/sasaran utama yang harus dicapai dalam adalah mengetahui dan menguasai aktivitas kerja menyangkut dengan Ekonomi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku-Ambon, baik secara manual maupun dengan sistem komputer.

5.      Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan PKL berlangsung selama 2 (dua) bulan, dimulai dari tanggal 2 September 2013 hingga 11 Oktober 2013. Berdasarkan jadwal yang diberikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku yang membagi jatah kepada kami secara terpisah, maka adapun alokasi waktu pelaksanaan kegiatan PKL.  Dan untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel schedule peserta PKL dibawah ini:
JADWAL PRAKTEK KERJA LAPANGAN UNIVERSITAS PATTIMURA FKIP-PENDIDIKAN EKONOMI
PERIODE 2 SEPTEMBER S/D 31 OKTOBER 2013

No
Unit Kerja
2-20 Sept
21-30 Sept
1-10 Okt
11-20 Okt
21-31 Okt
1
Statistik, Survei, Liaison

Frensky
Junete


2
Asesmen Ekonomi dan Keuangan


Frensky
Junete

3
Akses Keuangan dan UMKM



Frensky

4
Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan




Junete
5
Unit Pelayanan Nasabah, Kliring, Perizinan & Pengawasan SP
Frensky




6
Sumber Daya

Junete


Frensky

6.      Hasil Kegiatan
Adapun hasil kegiatan yang kami lakukan sesuai dengan apa yang kami kerjakan pada tiap-tiap seksi,yaitu antara lain :
1.      Bagi lembaga mitra
a.      Seksi layanan Nasabah dan Penyelenggaraan Kliring
1.      Warkat Realisasi Anggaran  (WRA) dapat tercetak
2.      Surat perintah pembayaran dapat dicair dananya
3.      Warkat kas ( Jurnal ) dapat tercetak
4.      Warkat Kliring ( Pemindah bukuan ) dapat tercetak
5.      Transaksi penyetoran tunai ( TPT ) dari tiap Bank dapat tersusun rapi pada draftnya
6.      Jurnal transaksi harian dapat direkap pada draftnya
7.      Surat setoran & Kwitansi Pembayaran dapat dibuat
8.      Cap tanggal pada warkat dapat di selesaikan
9.      Mutasi transaksi dapat di cetak
10.  Transaksi RTGS terminal antar bank dapat tersusun berdasarkan nama-nama bank
11.  Pembagian transaksi RTGS terminal antar bank pada ruang kliring dapat di selesaikan
b.      Kelompok Kajian Statistik dan Survei (KKSS)
1.      semua dokumen/arsip telah memiliki Daftar Isi Folder (DIF) tersusun rapi sesuai kategori berkas (perihal)
2.      Surat dan dokumen hasil survey dapat diselesaikan dan berhasil dikirim kepada sector-sektor perekonomian dan pemerintah-pemerintah di provinsi Maluku 
3.      Pengetikan nominal dan jumlah pajak dapat diselesaikan
4.      Input data survey dapat diselesaikan
5.      Administrasi surat dapat diselesaikan
6.      Warkat dapat tersusun rapi pada bindel temple
c.       Asesmen ekonomi dan keuangan
1.      Input anggaran kss dapat terselesaikan
2.      Input tabunganku bank Maluku dapat terselesaikan
3.      WRA dapat di cetak
4.      KPK ( kunjungan koprasi keliling ) terselesaikan
5.      Amplop undanga temu responden berhasil di cetak
6.      Pengisian buku sekda,surat, dan memorandum dapat diselesaikan
7.      Jadwal KKMB dapat dicetak/print
8.      Scen kliping siwalima terselesaikan
d.      Kelompok Pemberdayaan Sektor Riil dan UMKM (KPSRU)
Semua kegiatan pada unit pemberdayaan sektor rill dan UMKM (KPSRU) dapat terselesaikan dengan baik
1.      Membuat tanda terima pengeriman surat
2.      Membahwa surat untuk di kirim
3.      Menempel warkat pada bindel temple
4.      Membantu membahwa dokumen kepada wakil pimpinan
5.      Membahwa materi ke tempat foto kopi aman jaya untuk di kopi
6.      Mengganti warna materi pada power point
7.      Print disposisi dan surat
8.      Mengisi materi kedalam tas
9.      Mengisi map kedalam kardus
10.  Foto copi jadwal
11.  Menginput data kur bulan September 2013
12.  Koreksi data kur bulan agustus dan juni 2013
2.      Bagi mahasiswa
1.      Dapat mengetahui prosedur penatausahaan tertib administrasi dokumen/arsip tiap-tiap seksi pada Kantor Bank Indonesia Ambon.
2.      Dapat mengetahui konsep dalam surat undangan rapat.
3.      Dapat mengetahui cara kerja system pada Kantor Bank Indonesia.
4.      Dapat mengetahui perkembangan Sektor Riil dan UMKM di Maluku
5.      Dapat membuat dan menyiapkan form input dan survey
6.      Dapat mengetahui pembuatan sertivikat bagi para undangan dari Kantor Bank Indonesia
7.      Dapat mengetahui mekanisme kegiatan kliring antar Bank dengan aplikasi Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).
8.      Dapat mengetahui pembuatan laporan penyelesaian penertiban dokumen/arsip
9.      Dapat mengatahui cara pembuatan WRA
10.  Dapat mengatahui cara input SPM
11.  Dapat mengatahui bagamana cara foto copy dan scen
12.  Mendapat berbagai pengetahuan melalui kegiatan Knowledge sharing, Sosialisasi Bertanam Sayur Sehat, Temu Responden, Rapat KKMB, dan berbagai kegiatan lainnya







BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Selama kurang lebih 9 minggu penulis melakukan PKL di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi. Maluku. Penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan PKL sangat berguna dimana
1.      Kegiatan PKL ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi penulis. Dengan  adanya PKL ini, penulis dapat menerapkan pengatahuan dan kemampuan yang penulis miliki pada bidang ekonomi. Serta mendapatkan ilmu tambahan yang tidak didapat selama kegitan perkuliahan.
2.      Selama PKL ini, penulis mendapatkan pengatahuan tentang sistem kerja dan dituntut untuk bersosialisasi dengan pegawai di lingkunan instansi pemerintah khususnya di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi. Maluku
3.      Penulis menyadari kekurangan yang dimiliki selama pelaksanaan PKL dan penulis juga dapat mengatahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika kelak penulis bekerja di instansipemerintah



B.     SARAN
Dari keseluruhan semua aktivitas yang penulis lakukan selama  PKL, menurut penulis sudah cukup mencerminkan cara kerja instansi dalam setiap bidang. :
1.      PROGRAM STUDI EKONOMI
Penulis berharap untuk sering melakukan pemantauan terhadap perkembangan mahasiswa PKL. Selama melaksanakan Praktek kerja lapangan . selain itu prodi ekonomi  harus tetap membina kerja sama yang baik setelah penulis kerja selesai. Sehinggah dalam kesempatan lain instansi tersebut mau bekerja sama kembali dengan program studi pendidikan ekonomi universitas Pattimura.
2.      LEMBAGA MITRA ( Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku )
a.                   Untuk dapat membimbing mahasiwa yang melaksanakan PKL secara baik. Sesuai
dengan peraturan yang berlaku di instansi tersebut
b.                  Kesempatan kerja yang diberikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi. Maluku kepada penulis merupakan hal yang berguna untuk perkembangan kompetensi penulis. Semoga dengan terjalin hubungan kerja sama antara program studi pendidikan ekonomi dengan Kantor PerwakilaN Bank Indonesia Provinsi. Maluku dapat memberikan peluang kemudian hari bagi penulis atau pun mahasiswa lainnya untuk magang, bekerja, atau bentuk kerja sama lainnya.










 


1 komentar: